Tembikar Jurang Mangu, Klaten.

This slideshow requires JavaScript.


Klaten, sebuah kota kecil di Jawa Tengah, antara kota Yogyakarta dan Solo, terkenal dengan ayam panggangnya. Tidak hanya itu, 7 km ke arah selatan, ada makam sunan Bayat yang menjadi tempat ziarah masyarakat terutama di bulan Ramadhan. Dekat desa Bayat.

Keunikan pengrajin tembikar di bayat, terletak pada alat pemutar pembuat barang-barang tembikar. “Meja” putar tembikar dibuat miring. Terbuat dari bahan-bahan sederhana yang ada di seputar desa: piringan putar terbuat dari batu cadas, dengan tuas kayu keras yang diikat tali penghubung injakan bambu. Ada 2 batang bambu yang dipakai, satu berupa bambu bulat dipakai untuk injakan/ penekan; satu lagi berupa bilah bambu yang berfungsi sebagai penyeimbang tekanan yang diberikan pada bambu bulat. Tali penghubung ini dikaitkan ke atas, macam tali timba.

Pengrajin akan bersimpuh, dengan salah satu kaki selonjor, untuk menginjak/ mendorong
bambu bulat. Saat bambu ditekan dengan kaki, tali penghubung antara 2 bambu akan menegang; dan menjerat ketat tuas kayu, kemudian menggerak-putarkan piringan cadas. Saat tekanan dilepas, maka tali akan mengendur dan piringan cadas berhenti berputar. Pengrajin merupakan orang yang istemewa dalam koordinasi tangan dan kaki. Satu kakinya secara kontinyu menginjak tekan-lepas bambu bulat, sedang kaki satunya statis; sementara ke dua tangan membentuk gumpalan tanah liat menjadi benda berwujud.
Piringan batu cadas sengaja dipasang miring, untuk menghindar jatuhnya tali, saat tekanan dilepas.

Pengrajin mampu menghasilkan sekitar 200 benda kecil-sedang (cangkir, kendil, bejana, dll) perhari. Sedang untuk benda ukuran besar: gentong, guci (di atas ketinggian 25 cm), dibuat dengan teknik coil (tali) yang disusun meninggi; lalu permukaan diratakan dengan cara memukul-mukul dengan sendok kayu besar. Benda-benda besar sulit dikerjakan dengan alat putar miring ini, karena akan jatuh tertarik gravitasi bumi.

Tidak ada tempat lain, di Indonesia bahkan di dunia yang memiliki teknologi meja putar miring selain di bayat.

 visit bayat klaten

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s